Catatan seorang pelajar

Cara Berhenti "Kebanyakan Mikir"





Menghabiskan sepanjang waktu hanya untuk memikirkan hal-hal yang belum tentu harus dipikirkan
mungkin itu yang dinamakan Kebanyakan Mikir atau Overthinking .

Ada sejumlah penelitian selama 20 tahun mengenai Overthinking bahwa Overthinking dapat membuat keputusan yang lebih baik sehingga meningkatkan kesejahteraan. Ternyata , sebenarnya orang yang Overthinking itu lebih rentan dengan kesedihan yang berlanjut dan juga menjurus kepimikiran yang negatif . Ditambah lagi Overthinking itu bukan menyelesaikan masalah , melainkan menghambat masalah . Jadi Overthinking itu tidak baik .
 

Apakah sobat termasuk orang yang terlalu banyak mikir (Overthinking) ?

Jika sobat sering menghabiskan waktu untuk memikirkan sesuatu ,kemudian sobat memikirkan hal itu hingga terdapat gambaran dari setiap sudut dan kemungkinan ,dan ternyata lebih menjurus kepimikiran yang negatif . Bisa jadi sobat itu Overthinking .

Pada kesempatan kali ini Sidiq pelajar bakal membagikan tips cara berhenti "Kebanyakan Mikir"

1. Hindari situasi dan orang-orang yang dapat membuat sobat Overthinking

Biasanya lingkungan tempat sobat berada itu mempengaruhi siapa sobat sendiri . Hindari orang-orang yang membuat sobat berpikir keras , begitupula dengan keadaan yang mendorong sobat untuk Overthinking . Bertemanlah dengan orang-orang yang selalu hidup dengan ceria dan menebar pandangan yang positif , sehingga sobat bisa melupakan hal-hal yang tak penting untuk dipikirkan .

2. Bicara pada diri sendiri

Ada masanya sobat merasa lelah dengan segala hal yang ada di pikiran sobat . Saat sobat mencoba melupakannya , yang ada malah sering muncul .

Disaat itulah sobat harus bicara pada diri sendiri . Katakan " Ini gk membantu , gk perlu saya pikirin , lebih baik lupakan saja " . lakukan secara berulang-ulang , tidak cukup sekali atau dua kali .



3.jangan menyendiri


Disaat sobat sendiri , kemungkinan besar sobat akan memikirkan sesuatu yang mungkin tidak penting sehingga sobat jadi Overthinking deh , Sebisa mungkin jangan sampe sobat menyendiri .

4.Sadari bahwa menjadi sempurna itu mustahil 


salah satu penyebab sobat Overthinking itu adalah ingin menjadi orang yang sempurna . Ingin sempurna dalam segala aspek . Menjadi orang yang sempurna itu tidak mungkin , oleh karena itu jangan memikirkan bagaimana menjadi orang yang sempurna .

5. Berfikir boleh , tapi jangan Overthinking 


kebiasaan berfikir sebenarnya sangat bermanfaat , tapi jangan Overthinking , dengan berfikir kita bisa menentukan suatu keputusan secara logis dan gk emosional . Tentu hal ini sangat positif dalam menghadapi suatu masalah .

Menurut penelitian, 73% orang yang overthinking berumur antara 25-35 tahun. Jumlah cewek adalah 57% sedangkan cowok 43%. Perbedaan yang signifikan menjelaskan bahwa mayoritas cewek itu emang overthinking.Ternyata saya bisa dikatakan Overthinking , tapi saya bukan cewek okeeeeeee hahaha .

Sekian postingan ini , semoga bermanfaat bagi kita semua . Semoga kita semua bisa berubah




Overthinking isn’t something you’re born doing, it’s a learned habit you form over time, probably as a defense mechanism to the possibility of failure.  So before going any further, let’s see what we can do about it. - See more at: http://www.refocuser.com/2009/08/9-ways-to-stop-overthinking-everything/#sthash.s2SXDdsh.dpuf
Tag : Tips
0 Komentar untuk "Cara Berhenti "Kebanyakan Mikir""

Back To Top